Tanpa Handphone Aku Bisa Apa?

March 30, 2016

Aku suka mikir dari beberapa bulan yang lalu, coba sehari aja nggak megang hp gimana yah rasanya. Tapi, nggak pernah berani, nggak pernah mau, dan nggak pernah nyoba. Karena, aku terlalu bergantung banget sama hp. 


sumber gambar: klik


kenapa mikir gitu?

Pikiran itu beberapa kali muncul, setelah baca diet media sosial di tumblr-nya teh tristi dan manajemen ponsel di blognya teh nurida. Tapi, aku suka ngerasa nggak mampu.

Sampai suatu waktu aku ketemu teman-teman yang udah bertahun-tahun nggak ketemu. aku udah seneng banget bisa ketemu, bisa cerita-cerita, ketawa bareng, tapi nyatanya pas kumpul pada lebih banyak berkutat sama hp masing-masing dan aku kemudian terpaksa melirik hp ku (yang seperti biasa nggak ada notif apapun). Bosan, pada akhirnya aku melemparkan pandanganku ke sekeliling, merhatiin orang-orang. Akhirnya aku berpikir, untuk apa ketemu kalau pada akhirnya yang dilihat bukan orang yang ada di depan mata.

Dulu aku juga suka gitu, padahal di depan ada orang lagi ngajak ngobrol, tapi sibuk sama hp, sampai upik bilang, "ih aku lagi cerita, jangan liat hp". 
Aku kaget juga pas digituin, iya yah aku kok gitu, dan akhirnya mulai belajar dan mengurangi untuk nggak pegang hp kalau lagi ngobrol sama orang, kecuali kalau ada pesan yang harus segera dibalas. 

Aku juga merasa hp terlalu membuat aku terlena dan lupa sama dunia di depan aku. Aku lebih sibuk buka instagram yang nggak kerasa bisa sampai satu jam, padahal awalnya cuma mau lima menit doang. Habis buka instagram, liat facebook yang juga memakan waktu. Untungnya aku udah ngurangin liat timeline Line karena sekarang berasa rame banget dan nggak buka twitter karena isinya berita semua.

Niatnya cuma 5-10 menit doang, molor jadi hitungan jam. Sementara, pekerjaan numpuk di depan mata. Skripsi ketunda, nggak selesai-selesai. 

Waktu berjalan amat cepat, sementara aku hanya duduk melihat dunia orang, melupakan duniaku. Sementara hari  terus berjalan menuju bulan berikutnya. dan yang tersisa hanya penyesalan.

Setiap pergantian hari, aku suka nyesel, kenapa sih tadi aku nggak ngerjain, nggak baca buku.  Aku nggak bisa dan nggak boleh terus nyesel, sementara teman-teman yang lain udah berjalan menuju gerbang sidang.

Dua pekan lalu, akhirnya aku memutuskan sesuatu, cepat tanpa pikir panjang. Semua akun media sosial yang ada di hp ku, aku logout. Bahkan, dua weekend ini aku sama sekali nggak pegang hp. Aku simpen jauh dari tempatku ngerjain skripsi. Dalam dua pekan itu, aku beberapa kali doang buka instagram & facebook-nya, nggak sesering biasanya.

Bagaimana rasanya tanpa hp?

Justru ternyata ngerasa lebih nyaman. Biasanya baru ngetik satu paragraf, bosen, liat hp, tapi karena hp nggak ada di depan mata, jadinya ngerjain terus, mau bosen, mau bingung, tetep di depan laptop, karena mau nggak mau harus lanjut. 

Berhari-hari nggak main di media sosial juga nggak gimana-gimana, nggak jadi kudet juga. Buka instagram lagi yang  bikin penasaran cuma akun Kala Madali aja.. Hiburan aku liatin foto dan video kala aja udah lebih dari cukup, anak kecil yang super duper ngegemesin. 

Tanpa handphone aku bisa apa?

Banyak bangeeeet. Ngerjain banyak hal. Bisa nyelesein pekerjaan yang numpuk. Nggak bikin aku nunda-nunda pekerjaan. Yang terpenting, aku berhasil ngerjain sampai bab 5 sebelum bulan ini berakhir.

Jadi, sebenarnya, tanpa hp dunia kamu nggak akan berakhir. Ponsel pintar yang kamu pegang tidak diciptakann untuk menjauhkan dunia di depanmu, bukan juga untuk membuat kamu lalai dengan impianmu. Jangan sampai kita kalah pintar sama ponsel canggih di tangan kita.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews