2018 : Rajut Hidup Lebih Baik

January 08, 2018

Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone yang diselenggarakan bocahrenyah,com

Setelah empat bulan dilanda kegalauan yang maha dahsyat ditambah mengalami quarter life crisis yang ternyata sangat menyiksa, akhirnya emosi saya bisa kembali stabil.

Emosi saya mulai membaik setelah pekan kemarin nonton film “Ayat-Ayat Cinta 2” bersama teman – teman. Well, saya merasa pesan – pesan yang ada di film itu, membuat saya lebih semangat. Tentang berbuat baik yang jangan pernah merasa ragu melakukannya. Saya merasa lebih semangat, apalagi saya mah masih suka mikir kalau mau berbuat baik. Ada aja alasannya. Dibalik banyaknya review negatif tentang film itu, anehnya saya merasa diri saya utuh kembali setelah nonton film ini. I'm feeling better now. Ya, mungkin karena saya juga udah lama nggak jalan-jalan.

Suasana hati saya membaik, karena saya juga memperbaharui suasana kamar kosan dan meja kantor. Setidaknya ini bikin saya lebih semangat, lebih optimis. Perasaan yang sudah saya rindukan sejak lama.

Dan.. saya jadi lebih semangat menjalani 2018. Setidaknya saya tidak ingin merasakan “terpuruk” seperti tahun kemarin.

Hidup Baru
Biar Hidup Lebih Baik (sumber gambar)

Dengan perasaan baru ini, saya juga lebih semangat dalam menyusun resolusi hidup di tahun 2018. Saya tidak ingin mengulang kesalahan pada 2017, yang membuat resolusi tapi tanpa pencapaian. Ada enam hal yang saya susun untuk pencapaian tahun ini : (1) Sehat Jiwa (Hubungan saya dengan Allah) ; (2) Keluarga ; (3) Sosial ; (4) Karir dan Finansial ; (5) Kesehatan ; dan terakhir (6) Leisure.

Dan keenam ini beranak pinak. Detail banget? Iya, soalnya saya nggak mau mengulang kesalahan di tahun lalu, kalau manajer saya Kang Sigit dulu suka bilang, jangan sampai kita memutar kaset side A – side B, tahun ini hanya mengulang tahun kemarin, dengan sisi yang berbeda.

Dan memang, pada dasarnya, saya tipe “Perencana”, suka banget merencanakan dan mengkonsep. Melaksanakan atau mewujudkannya adalah hal terberat sebenarnya. Nah, biar nggak lagi merasa berat, jadi saya buat sedetail mungkin, bahkan pake time frame.

Oke. Salah satu yang ingin saya jalani di 2018, lebih produktif menulis di blog maupun di Instagram. Saya juga mau melanjutkan proyek buku saya yang sudah lama terbengkalai. Konsep sejauh ini sudah selesai, tinggal saya nulis aja sebenarnya.

But, I Need Laptop
Perlu Laptop untuk melengkapi hidupku, haha (Gambar : ASUS X555QA)

Tapi.. saya menemukan kendala untuk meneruskan proyek menulis ini. Apa itu? I need laptop. Laptop saya zaman kuliah rusak total. Rusaknya pas banget setelah lulus, haha. Mungkin dia juga lelah menghadapi per-skripsian.

Awalnya saya pikir, masih bisa menulis di ponsel saya, ASUS  Zenfone 3 Max yang baterainya tahan lama, jadi kalau nulis di jalan atau di luar nggak perlu takut kehabisan baterai. Tapi.. tetap saja ternyata saya butuh laptop yang lebih leluasa untuk nulis dan supaya dokumen saya bisa tertata lebih rapi.

Lalu, saya mencari laptop yang dapat memenuhi kebutuhan saya, yang sederhana, bisa dibawa kemana-mana, bisa buat nonton drama korea juga (tetep yaah) dan harganya terjangkau. Saat mulai mencari, fix saya maunya Laptop ASUS (ini beneran, pembaca. Bukan karena ikutan lomba blog ASUS ini). Saya udah jatuh cinta dengan ASUS. Namanya orang udah jatuh cinta, ditawarin yang lain juga nggak mau kan yah, karena udah klik, hehe.

Jatuh cinta ini juga berdasar kok tapinya. ASUS ini meraih TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop di 2017. Kualitas ASUS juga udah nggak perlu diraguin lagi, terbukti dengan ASUS yang terus memimpin pasar dan menjadi brand laptop no.1 di Asia Tenggara. Dari data IDC kuartal keempat 2016, ASUS meraih market share tertinggi untuk Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Filipina) dengan market share sebesar 26,3%.

Jadi, laptop ASUS seperti apa yang saya mau?

ASUS X555QA !
Cari.
Klik.
Cari.
Klik.
Cari.
ASUS X555QA
Ketemu! Laptop dengan taglinenya, “Notebook Performa Mumpuni untuk Sehari-hari”

ASUS X555QA (sumber gambar)

Kenapa memilih Laptop ASUS ini? Oke, mari kita lihat lebih detail mengenai ASUS X555QA.

Sebenarnya udah bukan hal asing lagi kalau ASUS ngeluarin produk laptop atau notebook untuk segmen pengguna sehari-hari. Nah, akhir tahun 2017 kemarin ASUS ngeluarin lagi nih Laptop untuk segmen tersebut, berbarengan dengan Laptop series X lainnya, ada yang untuk Games, ngedit video, audio, dan lainnya. Kalau aku, karena memang utamanya butuh buat ngetik dan browsing, dan hiburan aja, jadi pilih ASUS X555QA. Sesuai segmennya, laptop ini akan sanggup untuk menunaikan tugas-tugas rutin penggunanya. Kita lihat lebih detail, yuk…

Performa
Meskipun Laptop ASUS ini dispesialkan untuk penggunaan sehari-hari, tapi prosesornya udah kuat kok, yaitu AMD APU generasi ke-7.

Awalnya saya nggak terlalu ngerti tentang ini, akhirnya googling-lah. Apa sih AMD APU itu?
AMD APU adalah prosesor dari AMD yang memiliki kemampuan serba bisa, soalnya komponen CPU sebagai otak utama PC dan GPU sebagai tenaga olah grafis tergabung menjadi satu kesatuan dalam satu chip. Nah, karena dua komponen ini bersatu, jadinya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar dan hemat daya.

Oya, keunggulan dari AMD APU generasi ke-7 atau terbaru ini, dapat meningkatkan kinerja CPU hingga 56 % lebih baik dibandingkan notebook bertenaga AMD APU di generasi sebelumnya. Selain itu, konsumsi daya yang jauh lebih rendah membuat baterai menjadi tahan lama saat menonton video. (Sumber : amd-id.com)

Sebagai sebuah laptop terjangkau, ASUS X555QA diperkuat oleh prosesor AMD 10-9620p yang memiliki empat inti prosesor (quad core) dan grafis berbasis Radeon R5. AMD A10-9620P ini merupakan APU kelas menengah berbasis Bristol Ridge (prosesor APU generasi ke-7) dengan empat core (dua modul Excavator) bekerja di kecepatan 2,5GHz sampai 3,4GHz. Varian AMD A10 ini juga merupakan prosesor kelas menengah dari AMD yang menawarkan performa mumpuni dan hemat energi dengan konsumsi daya maksimal hanya 15 watt.

Ruang Penyimpanan
Asus web storage (gambar dari Asus X555QA)
Oiya, yang nggak kalah penting itu ruang penyimpanannya, biar kita bisa pasang aplikasi dan menyimpan dokumen kita dengan rapi, tanpa lola.

ASUS X555QA memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dan 8GB. Nah, untuk kapasitas penyimpanannya sebesar 1 TB dengan jenis perangkat HDD. Jadi, tampaknya aku belum terlalu perlu untuk beli hardisk eksternal lagi. menghemat kaan?

Dilengkapi Windows 10
(Gambar dari sini)

Nggak cuma itu, ASUS juga sudah melengkapi X555QA dengan sistem operasi Windows 10 di dalamnya. Jadi, kita nggak perlu beli lagi, install lagi, atau malah menggunakan yang bajakan. Menggunakan yang bajakan juga termasuk yang nggak boleh, loh.. selain menyangkut hak cipta juga memang dalam islam nggak boleh (aku pernah baca artikelnya).

Dan… Prosesor yang menawarkan performa yang mulus dan responsif untuk aplikasi Windows pada umumnya, ditandemkan dengan grafis bertenaga dan memori yang gegas, membuat X555QA menjadi notebook yang sangat ideal pula untuk menikmati konten video ataupun film. Jadi dengan Laptop ini kira bisa ngerjain multitasking dan kebutuhan sehari-hari multimedia juga bisa terpenuhi.

Desain Lebih Personal
Siapa sih yang nggak mau dianggap atau diberikan sesuatu yang lebih personal? ASUS memberikan jawaban untuk ini.

(Gambar dari sini)

Country Marketing Manager ASUS Indonesia, Galip Fu mengatakan, meski notebook ini terjangkau, tapi bukan berarti ASUS X555QA ini notebook yang biasa. Agar tampak berbeda dan lebih personal, ASUS menawarkan desain dan finishing yang berkualitas tinggi sampai penggunanya bisa ngerasa “premium”. Desainnya bagus dan terlihat kokoh. Oh ya, seperti yang saya suka, ASUS masih memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, baik di lapisan luar layar serta bagian dalam pada penampang keyboard.

Untuk ukurannya memang agak besar sih, untuk layar 15,6 inci dan terdapat optical disc drive yang tentu membuat laptop ini lebar dan tebal. Tapi, ternyata bobotnya nggak berat. Untuk laptop dengan dimensi 328 x 256 x 25,8 mm, bobotnya hanya 2,3 kg yang bisa dibawa dengan satu tangan saja.

Keyboard Responsif


fullsize keyboard (sumber : ASUS X555QA)

Oya, ASUS menyertakan keyboard yang lengkap dengan tombol numpad di bagian kanan. Tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad ASUS X555QA cukup nyaman untuk mengetik.

Ya, meskipun tampilan fisik nomor sekian, tapi kita juga pengen kan Laptop kita lebih kece dan enak dilihat, kan biar lebih semangat.

Fitur
Mengulas lagi, ASUS X555QA memang merupakan notebook all-rounder yang harganya relatif terjangkau dan sempurna untuk bekerja dan hiburan. Dengan performa APU yang mumpuni untuk tampilan grafis yang indah, notebook ini juga dilengkapi dengan audio bersertifikasi ASUS SonicMaster untuk pengalaman audio yang mengesankan. Setahu aku, dengan audio ini, kalau volumenya besar, tetap saja suara yang keluar tidak akan pecah.

Fitur lebih lengkap, bisa dilihat di sini

Oya, fitur resume 2 detik dari kondisi sleep mode membuat pengguna bisa memanfaatkan notebook ini kapan saja di mana saja dengan segera.

Nggak cuma itu, Laptop ASUS ini juga menyertakan seluruh konektivitas modern pada notebook ini untuk memenuhi kebutuhan komputasi. Port yang dimiliki ASUS X5555QA sangat lengkap, mulai dari LAN, 1 port USB  2.0, 2 port USB 3.0, yang menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi terhadap penyimpanan eksternal ataupun perangkat input-output lainnya.

Lalu, HDMI, VGA, dan lubang card reader yang mendukung jenis kartu memori SD, SDXC, dan SDHC. Tidak ketinggalan optical disk drive berupa super multi DVD. ASUS X555QA juga dibekali built-in Bluetooth 4.0 yang mendukung proses berbagai data jauh lebih cepat dan juga koneksi Wi-FI Intergrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n. D (Sumber dari sini)

Terus, baterainya gimana?
Baterai juga merupakan komponen yang paling penting ketika memilih Laptop. ASUS menggunakan baterai Li-Polymer yang menawarkan keawetan hingga 2,5 kali lebih baik dibandingkan dengan baterai silinder Li-Ion biasa. Meski telah mengalami ratusan siklus pengisian ulang, berkat teknologi ekslusif yang digunakan, baterai tersebut masih tetap mampu menyimpan setidaknya hingga 80 persen dari kapasitas aslinya saat baru dibeli.

Dari sisi layanan purna jual, ASUS juga memanjakan pengguna X555QA dengan garansi penuh termasuk service dan sparepart selama dua tahun, dan berlaku secara global. Nah, lumayan lama juga kan garansinya, terus untuk ASUS Service Centre nya juga ada di Bandung.

Nah, itu yang menjadi alasan saya, pengen banget milikin ASUS X555QA. Kisaran harganya Rp6.099.000, masih relatif jika dibandingkan dengan laptop – laptop sekelasnya.

*** 

Okey, jadi agar resolusi saya tercapai, saya memang membutuhkan laptop, dan sejauh ini Laptop ASUS X555QA-lah yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan saya. Saya akan bahagia sekali, jika impian saya memiliki laptop ini bisa terwujud.

Well, Sebuah mimpi tidak akan tercapai, bila kita tidak berusaha mewujudkannya. Kalau pun ketika kita berusaha dan Allah belum mewujudkan, pasti ada jalan lain yang Ia berikan.

Tulisan ini dibuat untuk mengusahakan terwujudnya mimpi saya, yaitu dengan diikutsertakan dalam Blog Competition ASUS AMD – Laptop for Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

Terima kasih sudah membaca. Doakan semoga rizki saya ada di sini.


Selamat merajut mimpi dan selamat mengusahakan takdir terbaik!

You Might Also Like

10 komentar

  1. aaah... aku juga butuh laptop hihihi... laptopku rusak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mba Santi terimakasih sudah berkunjung di blog ku. Ayo ikutan lombanya, mba.. semoga ada rizkinya untuk dapet laptop asus ini :)

      Delete
  2. Wah keren juga, all rounded gitu. Keren dah pokonya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah ikutan Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. Aamiin, makasih sudah berkunjung mba uniek :)

      Delete
  4. Nulis itu memang beneran, butuh pakai leptop... aku enggak bisa nulis pakai hp, biasanya nulis di leptop, post pakai hp.. hehe


    tosslah Mbak kalau jatuh cinta sama Asus, akupun
    tapi sekarang baru punya hpnya, semoga tahun ini nambah punya leptopnya... aamiin

    pernah punya leptop asus tapi dicuri orang.. huhuhu
    semoga tahun ini dapat gantinya... aamiin

    ReplyDelete

Total Pageviews