Belanja Online, Kenapa engga?

December 12, 2015


Sekarang ini, semakin menjamur toko-toko online dan nggak jarang orang juga lebih milih belanja online yang kehitung lebih praktis. Di tulisan ini, aku mau share pengalaman belanja di beberapa online shop (siapa tau bisa jadi referensi) apalagi sekarang juga lagi Harbolnas kan, meski udah hari terakhir, hehe.

1. ZALORA
Kalau nyari baju, tas, dan segala yang berbentuk fashion disini gudangnya. Bahkan, Zalora mengklaim dirinya sebagai situs ecommerce fashion terbesar di Asia Tenggara. Nah, Zalora ini satu grup dengan Lazada.

Waktu itu, aku beli flatshoes. Awalnya ragu beli sepatu online, belum tentu enakeun dipake, tapi karena emang sepatu nya sudah terlanjur menarik hati banget, akhirnya beli juga. Alhamdulillah, waktu itu lagi free ongkir dan pas paketannya nyampe, sang kurir meminta untuk dicek barangnya dulu, -sesuaikah sepatunya dengan di web, muat atau enggak- karena, kalau nggak sesuai, saat itu juga bisa langsung dikembalikan atau ditukar oleh kurir. Ini kelebihannya. Selain itu, kalau kamu berlangganan newsletter, saat ulang tahun, dikasih kode diskon 18%, sedikit sih, tapi lumayan ko kalau lagi ada yang mau dibeli.

2. BERRYBENKA
 Jenis barangnya hampir sama dengan Zalora, yaitu fashion. Kemarin aku beli tas disini, tas yang udah diidam-idamkan sejak enam bulan yang lalu dan baru kesampean beli, aah terbeli juga *terharu*. Ini kedua kalinya aku belanja di sini -tapi lupa yang pertama apa. Oiya, kali ini aku belanja lewat LINE Berrybenka yang mana kalau kita pertama kali belanja lewat Line-nya dapat potongan 50.000. Oiya, nge-add Line nya pas mau beli aja, soalnya potongan itu cuma berlaku satu hari & Berrybenka juga bulan ini lagi bebas ongkos kirim. 

Sayangnya, ketika tasnya nyampe, aku agak kecewa. Tas yang aku pesan ini bisa dipake secara nyelendang dan backpack. Tapi, yang dateng, nggak bisa dipake nyelendang, awalnya aku pikir aku yang nggak tahu tapi udah diotak-atik, emang harus ada kaitan di samping untuk dipakai nyelendang dan tali. Sementara itu nggak ada. Akhirnya aku menghubungi CS Berrybenka, mereka ramah banget dan mau ngederin keluhan aku sampai selesai. Asli, ngederin banget dan nggak motong selama aku protes, jadi enak gitu, ga bikin tambah kesel, malah terobati. CSnya minta aku untuk meretur barangnya biar diganti dengan yang lain dnegan syarta nyerahin formulir pengembalian barang dan tas belum dibuka labelnya & batas pengembalian 30 hari. Oiya, aku juga ngehubungin CSnya lewat Line, mereka juga bilang akan diproses keluhannya.

Tapi, aku memutuskan untuk tidak mengembalikan dan menukar tasnya karena (kemarin) mendekati Harbolnas di mana Berrybenka akan kebanjiran pembeli dan kemungkinan besar memperlambat proses penukaran tas. Dari review yang saya baca, proses penukaran ini berlangsung lama. Akhirnya, berpuas hati sajalah dengan yang ada -mungkin terobati juga dengan tanggapan CS nya yang nggak ngotot.  

Oiya, Berrybenka juga paling rajin nelepon untuk memberikan diskon kalau kita udah lama nggak belanja di sana.

3. HIJABENKA
Masih satu grup dengan Berrybenka, tapi ini khusus busana muslim. Aku waktu itu dapet gratis pasmina dari Line dan Hijabenka (oiya selain suka diskon, aku juga suka yang gratisan), jadi tinggal bayar ongkos kirimnya aja. Pengirimannya cepat dan pasmina dibungkus dengan box hitam yang unik, rapi, dan bagus. Karena dapatnya gratis, jadi nggak ada form pengembalian barangnya.

4. LAZADA
Seperti yang tadi udah aku bilang, Lazada masih satu grup dengan Zalora. Di sini segala ada, tapi aku ko' identiknya Lazada itu sama barang-barang elektronik, mungkin karena kebanyakan itu. Aku disini beli charger -atas saran Mba Iin, Ka Oca, dan Farida. Jadi, charger yang aku beli di BEC sebulan itu udah rusak, dan beli deh di Lazada, harganya emang miring banget, tapi ternyata kualitas mah sama aja kaya yang di BEC, nggak bertahan lama, hiks. Atau mungkin emang aku-nya aja yang sembarangan gulung-gulung charger. 

Isyana pernah beli powerbank yang berapa mAh yah (lupa), harganya sama kaya yang aku beli di BEC, tapi dayanya lebih besar (hiks, suka sedih dan nyesel ari gitu teh, da waktu itu kepepet pas jobtre jadi tinggal beli aja yang deket). Oiya, kata Pepu juga suka ada pulsa murah di Lazada, kaya pulsa 50ribu tapi dijualnya 12ribu, lumayan banget kan? Aku juga lagi nyari-nyari niih..

5. JAKARTA NOTEBOOK
Kalau liat review jaknot di internet, aku liat ko kebanyakan jelek, barang nggak nyampe-lah, salah barang, dan sebagainya.Waktu itu baca review nya setelah transfer beli flashdisk sekaligus kamera mini, sampai menyesal dan gimana kalau barang nggak datang. Jadinya khawatir dan malah suudzon "pantesan lebih murah dari yang di lazada, mungkinkah ga dikirim? 

Dan jreng.. jreng.. jreng..

Barangnya nyampe cepet ko dengan selamat di rumah *yeay* alhamdulillah. Sesuai dengan yang dipesan. Unik malah, tapi sekarang kamera mini nya udah berubah fungsi jadi flashdisk data-data skripsi. Kameranya emang cuma 2mp dan nggak keliatan kalau kita mau moto, suka-suka aja, buat lucu-lucuan.

6. TOKOPEDIA
Di sini semua serba ada. Tokopedia sebagai medianya aja, tapi yang jual beda-beda. Di sini juga kamu bisa nyari-nyari yang harganya lebih murah. Saking serba adanya, ada juga sikat karpet. Beli deh sikat karpet yang lagi dicari-cari ummi dan nggak ketemu, ada deh di tokopedia dan langsung deh beli banyak biar sekalian ongkos kirimnya.

7. BUKALAPAK
Hampir sama seperti Tokopedia, di bukalapak juga semua serba ada. Cuma, menurutku, di sini tampilan webnya lebih bagus dan lebih enak dilihat. Setiap proses pengirimannya, kita dikabarin lewat email dan sms, udah gitu meskipun terdiri dari pelapak-pelapak, nggak usah khawatir kalau nggak nyampe dan barang nggak dikirim oleh pelapak, uang bisa kembali.

Sayangnya, kalau kita beli dari pelapak yang berbeda-beda, ongkir pun dihitung berbeda-beda (sesuai daerah pelapak). Jadi yah, mending kalau mau belanja dari pelapak yang sama aja, biar ngeluarin ongkirnya sekalian. Soalnya, kemarin aku mau beli dari pelapak yang berbeda, beda pembayaran, beda ongkir, sementara diskon BL1212 khusus harbolnas cuma bisa dipake sekali, jadi deh belinya cuma dari satu pelapak.

8. BUKUKITA
Nah, di sini tempat nyari buku-buku atau novel online, dapat diskon pula. Jadi kalau males ke togamas, mending beli disini aja. Nggak usah cape-cape. Aku cukup sering beli buku di sini meski proses pengiriman memang agak lama, karena melihat stok buku di gudang dulu, jadi bisa sampe 4-5 hari.  Walaupun begitu, masih lumayan ko, daripada beli buku tapi nggak diskon kan?

***
Selain delapan toko di atas, aku juga suka beli lewat online shop di Instagram. Nah, tapi yang di instagram harus lebih hati-hati karena perorangan, cek dulu supaya nggak ketipu dan jangan asal harga murah. Kalau aku sih lebih milih olshop yang spesifik ngejualinnya, misal dia jual gamis dan kerudung semua, nggak nyampur antara makanan, sepatu, dan lain-lain. Followers banyak juga bukan penentu loh, kan sekarang bisa beli folower.

Jadi, kalau lagi ingin beli sesuatu, cepet nyarinya, misal gamis dan kerudung ada gerai hawa, hijab alila, kiciks, zizara, dll. Nyari note, alat tulis lucu ada warung mamak. pengen beli alat-alat lucu, kaya topi keramas buat anak kecil ada rako_id. Nyari rak buku yang ditempel di dinding ada woodsluck. Biasanya aku sih follow dulu, kadang belinya nanti-nanti kalau udah ada uang (hehe) dan perlu banget. Ya, tapi berharap aja stoknya juga masih ada.

Aku emang lebih suka belanja online soalnya nggak perlu cape-cape keliling, kecuali kalau lagi butuh refreshing. Masalahnya aku teh tipe orang yang kalau beli sepatu, ya harus ngiterin dulu semua toko, kaya dari Alun-alun Bandung terus ke Yogya Kepatihan atau malah sampai ke Ciwalk. Padahal barangnya sama aja sih, tapi nyari yang bener-bener cocok, nggak mau nyesel orangnya teh. Makanya kalau belanja sama aku pasti pada kesel. Jadi, kalau mau belanja buat lebaran aku suka minta uangnya aja, enakan sendiri, nggak diburu-buru dan suka-suka.

Meskipun suka, tapi nggak semua dibeli online juga sih, hah. 
Daah, semoga bermanfaat tulisan ini. 
Selamat berbelanja! Ingat, Jangan kalap!!

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews