Tentang Zafira

January 26, 2016


"Kalau kita mau disayang sama Allah, kita harus sayang sama orang-orang. Ada haditsnya tau, teh.. 'Man Laa Yarhamunnaasa Laa Yarhamullah', Barangsiapa yang tidak menyayangi sesamanya, maka Allah tidak akan menyayanginya..“ katanya dengan menggebu-gebu.

Namanya Khaulah Zafira Zahfarina. Sekarang udah hampir 9 tahun, tapi mungkin karena dia anak bungsu jadi lucunya nggak ilang-ilang. Sifatnya yang berusaha dewasa itu yang bikin lucu. Semisal aku lagi kesel, lagi bete, dia suka banget ngehibur, nasehatin, pokoknya dia nggak mau gitu kalo tetehnya sedih.

Meski bungsu, Zafira mandiri, dia udah kayak punya jadwal harian sendiri, kapan dia mandi, berangkat sekolah, nyiapin buku buat sekolah udah nggak mesti disuruh lagi, bahkan di schedule board aku suka ditambahin tugas-tugas sekolah dia, harus bawa apa aja ke sekolahnya (kalau ada tugas SBK atau tata boga).

Pernah suatu pagi, dia telat bangun, dan dia marah banget sama aku gara-gara ga ngebangunin dia, padahal mah ke sekolahnya nggak telat. Dia suka pengen jadi orang pertama yang dateng ke kelas, kalau aku pikir-pikir mah, ngapain juga.. mausk jam 8, jam 7 udah di kelas..

Nah, kalau ada salah satu anggota rumah yang ulang tahun, meskipun dia nggak punya uang buat beli kado, dia suka bikin kartu ucapan gitu, digambar-gambar, dibentuk-bentuk, trus ada ucapan selamat ulang tahunnya sama do'anya.

Ummi suka bilang kalau zafira “anak pemberani”, mungkin karena julukan itu akhirnya jadi karakter dia nggak pernah takutan. Waktu tubing bulan lalu, dia paling semangat, dan nggak takutan buat nyoba, padahal mah kita yang udah gede-gede aja takut.

Dan salah satu kehebatan Zafira itu, meski dimarahin dia nggak pernah ngebantah sepatah kata pun, yang bikin orang yang ngemarahinnya jadi nggak tega.


Sayangnya, ketiga kakak-kakaknya ini paling suka ngusilin dia apalagi kalau udah bulan Juni dengan bilang tanggal 14 nggak ada di kalender, sampe kita coretin. Tahun lalu, dia sampe nangis, tapi tahun ini dia ketawa-ketawa aja nanggepinnya, mungkin dia juga udah ngerti kalo itu cuma bercanda, mana bisa tanggal dilewat, dihilangin. 

Cita-citanya masih suka ganti-ganti, kadang mau jadi dokter, jadi guru, tapi kalau liat aku liputan, rekaman buat tugas radio, latihan buat news presenting semester lalu, dia berubah haluan jadi reporter.

Kalau cerita tentang Zafira emang nggak pernah berakhir, ada aja yang bikin dia lucu. Karena dia selalu jadi pusat perhatian di keluarga besar, terus pas Bi endah hamil, dia bilang ke Mamah dan Bapa (baca: Nenek & kakek), “mah, pa.. nanti kalo anaknya bi endah lahir, tetep sayang kan ke iya?” katanya. Dan setelah lahir, malah Zafira yang paling sayang sama Naila, anaknya Bi Endah. Kalau nangis sedikit langsung disamperin ke kamarnya, “kenapa?" dan yang pasti tiap hari nanya di grup WA keluarga, "naila lagi apa?” trus minta dikirimin foto sama videonya.

Untuk adikku yang sekarang selalu bertanya, "teteh kapan nikah? teteh kan udah 21 tahun, di iklan juga udah boleh nikah tuh.." dan selalu aku jawab, ”emang kamu mau di rumah sendirian, tidur sendirian, emang berani?“ yang kemudian dia langsung nyengir, Barakallah fiik.. tetep jadi anak yang sholehah, cantik, menyenangkan diajak ngobrol, dan sukses selalu! We Love you…

 -- masih repost dari catatan di tumblr sekitar dua tahun yang lalu

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews