Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan?

June 06, 2016

Hari ini memasuki hari pertama di Bulan Ramadhan. Apa yang sudah kamu persiapkan untuk bekal satu bulan ke depan?

Bulan Ramadhan memang harus dipersiapkan. Seperti, jika rumah kita mau kedatangan tamu istimewa, pasti menyiapkan segala sesuatunya agar istimewa. Begitu pula dengan Bulan Ramadhan, bulan yang istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Meski ini sudah hari pertama puasa, tidak bisa dibilang telat kan untuk mempersiapkannya?

Pertama, Persiapkan Iman

Persiapkan Keimanan
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam bersabda, 
"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena iman dan mengaharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." 
(HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa kita ketika berpuasa di bulan ramadhan harus memiliki niat yang baik yaitu karena keimanan kita menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan mengharapkan pahala. 

Ganjarannya? Allah akan mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu.

Kedua, Persiapkan Kesehatan

Sehat
Meski puasa, kita juga harus menjaga kesehatan kita. Tentunya dengan pola makan yang baik dan sehat. Saat sahur, makan secukupnya. Makan banyak dan berlebihan tidak berarti membuat kamu tidak lapar pada siang hari, justru malah membahayakan kesehatanmu. Saat Buka puasa, jangan kalap. Kebanyakan kita karena sudah terlalu lapar dan kabita dengan makanan dan minuman ini itu, akhirnya semua dimakan. Ini tentu tidak baik juga untuk pencernaanmu! Mulailah dengan minum air putih dan makan secukupnya. 

Intinya, mempersiapkan kesehatan adalah dengan menjaga pola makan dengan baik dan benar.

Ketiga, Persiapkan Ilmu

Persiapkan Ilmu
Syarat sah diterimanya ibadah adalah ikhlas dan sesuai dengan tuntutan Nabi Muhammad shalalalahu 'alaihi wa salam. Supaya ibadah yang kita lakukan di bulan ramadhan bernilai pahala, tentu harus ikhlas dan ada contohnya dari Nabi. 

Di sini tugas kita adalah mencari ilmu, baik melalui buku, situs-situs islam atau bertanya kepada ustadz, mengenai fikih puasa, amalan di bulan Ramadhan, zakat, infak, shadaqah atau pun tentang shalat. Apakah selama ini, shalat kita sudah benar atau belum.

Keempat, Siapkan Ibadah Terbaik

ibadah terbaik
Setelah mengetahui ilmunya, saatnya mengamalkan dengan mempersiapkan ibadah terbaik kita.

Dimulai dengan membuat target. Ingin khatam Al Qur'an berapa kali? Shalat Sunnah, Hafalan A Qur'an, Hafalan Hadits, atau ingin membaca tafsir satu ayat setiap hari. Ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kesibukanmu sehari-hari. Semakin tinggi targetmu, tentu semakin baik. Namun, ingat.. kamu harus mampu mencapainya.

Bulan Ramadhan, selain puasa, kita juga harus memperbaiki shalat. Baik shalat wajib, shalat sunnah, dan shalat tarawih. Memahami arti bacaan shalat, mengetahui cara rukuk dan sujud yang benar, bahkan hingga mengenakan pakaian terbaik saat shalat.

Ya. Hal yang tidak boleh kita lupakan saat shalat adalah pastikan kita menggunakan pakaian terbaik dan bersih saat shalat. Bayangkan saja ketika kita hendak bertemu dengan presiden, tentu menggunakan pakaian terbaik, kan? Nggak mungkin asal-asalan doang. Begitupun saat kita hendak beribadah kepada Allah, anggap saja sedang berinteraksi dengan Nya, sehingga harus menghadap dalam kondisi yang baik.

Bagi perempuan, menggunakan mukena yang baik dan bersih. Ayo dilihat lagi koleksi mukena cantik nya? Mana yang paling disuka dan mana yang paling baik. Tidak mesti baru, ko! 

koleksi mukena cantik
Tapi, kalau merasa ingin membeli mukena lagi, nggak ada salahnya! selama ada budgetnya, hehe. Hm, dan bisa dipake juga untuk shalat Ied nanti. Oiyaa.. Karena aku hobi banget belanja online, aku prefer beli mukena di MatahariMall.com, soalnya cantik-cantik. Selain itu, transaksi di MatahariMall.com terbilang mudah.

Kamu juga bisa memilih koleksi mukena cantik sesuai seleramu di MatahariMall.com. Pilih yang terbaik, bahan yang nyaman, dan sesuai karakter kita. Karena, mukena akan dipakai saat kita shalat, berinteraksi dengan Allah.

Jadi, itu tadi empat hal yang harus kita siapkan di bulan ramadhan ini. Mulai dari keimanan, kesehatan, ilmu, juga ibadah kita. Semoga Ramadhan ini kita dapat menjadi lebih baik dan menjadi hamba yang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa." 
(Qs. Al Baqarah: 183)

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews