Memeluk Perpisahan

July 04, 2018

Apa yang paling perih dari perpisahan?
Adalah ketika kita terbiasa bersama orang tersebut, namun kini ia sudah tak lagi mengisi hari - hari kita.

***

Selama ini saya selalu berpikir, kalau saya-lah yang akan selalu pergi dari satu tempat. Saya tidak akan ditinggalkan.

Tapi.. mulai delapan bulan kebelakang. Saya sadar. Saya tidak selamanya meninggalkan. Hampir setiap bulannya, saya ditinggalkan oleh teman saya, satu per satu. Mulai dari Ririn, Qorry, Lillah, Mamay, sampai Teh Lilis.

Tidak. Tidak. Mereka bukan pergi karena ada konflik. Apalagi konflik sama saya. Tapi memang mereka resign dari kantor. Untuk menjemput mimpi yang lain. Melanjutkan misi hidup masing-masing.

Rasanya?
Saya suka ngerengek. Sedih banget setiap ada yang pergi. Rasanya ingin nahan mereka. Tapi nggak punya hak juga.

Saya yang kebiasaan di kantor sampe maghrib bareng mereka, main 5 pilar, ngobrolin hal yang berat sampe yang remeh temeh sekalipun wkwk, berbagi cerita, dan banyak hal lainnya. Tiba-tiba harus dan mau nggak mau melewati hari tanpa mereka.

Terus saya main sama siapa dong?

Ego saya muncul. Iya. Di balik perpisahan, saya membayangkan hidup saya ke depannya. Tanpa mereka.

Dan hari-hari setelah ada yang pergi, saya suka ngerasa kaya ada yang hilang. Segitu besarnya kah efeknya?

Begitulah. Apalagi perpisahan yang terakhir, sepekan lalu, setelah Teh Lilis pamit. Saya sampai harus ngerjain skrip di ruang rapat, biar nggak terus-terusan liat meja sebelah saya yang kosong.

Kenapa segitu sedihnya? Karena.. Saya kalau udah klop sama temen, ya udah.. Dunia saya udah cukup haha.

Jadi.. Saya suka ngebiarin diri saya yang sedih dengan kepergian orang. Hm, daripada pura-pura kuat kaan? 

Sampai ketika saya ngerasa harus segera bangkit, saya nanya ke diri sendiri, "Apa kamu selamanya mau meratapi perpisahan?"

Ada yang pernah bilang ke saya..

Hidup itu soal datang dan pergi. Tentang bertemu dan berpisah. Seperti siklus. Ada yang durasi pertemuannya lama ada yang sebentar. Ada perpisahan yang sementara. Ada yang selamanya. Yang jelas,, ketika kita berpisah dengan seseorang, kita akan bertemu dengan orang baru..

Mungkin... Allah ngasih saya fase perpisahan tentu ada maksudnya. Biar saya nggak bergantung sama orang lain. Sekalian diingetin juga kalau di dunia ini nggak ada yang abadi.

Toh, sedihnya perpisahan tak lama...
Di masa canggih teknologi gini, masih bisa chattingan kalau kangen..
Atau sesederhana liat postingan mereka di media sosial buat mastiin kalau orang yang kita sayangi baik-baik saja..

***

Maka, ketika perpisahan harus kembali terjadi..
Akan kupeluk erat pedihnya berpisah..
Beriringan dengan doa agar bisa kembali bersua..


Semoga ketika kesempatan itu datang..
Kita kembali dalam kondisi iman yang jauh lebih baik dari hari ini...

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews