Dari Hati...

December 13, 2018


Hari ini, banyak hal yang harus dikejar buat diselesaikan. Kaya berlomba-lomba sama waktu gitu. Ya, karena emang aku panikan aja sih anaknya, gegara liat di daftar kerjaan masih banyak yang belum dicoret.

Oiya bingkisan buat narasumber, ini harus dibeli. Jadilah ku ke toko jam terdekat.

"Pak, kalau sekalian minta tolong pasangin sticker ini di jamnya bisa?" Tanyaku.
"Oiya bisa.."
"Tolong pasangin yah, pak.. saya tinggal dulu yah kesana.." kataku, demi menghemat waktu mau nyari kertas kadonya.

Selesai dari situ, aku balik lagi ke toko jamnya.
"Teh, ini stickernya jelek. Tuh liat kepotong-potong gitu. Terus yang ini, kaya gini gagal.."
"Oh, dicopot aja pak, coba.." kataku berusaha tenang.
"Ga bisa.." kata bapaknya.

Lalu, aku coba. Iya sih susah emang, tapi masih bisa kok.. meskipun resikonya kertasnya kerobek.
"Waduh, gagal lagi.." teriak bapaknya.
"Copot aja pak, pelan - pelan.."
"Ga bisa, nih liat, udah nempel.."

Aku pun diam. Mau gimana lagi, yang saya lagi potekin aja belum beres.
"Ini buat ngasih bingkisan ke orang, pak.. jadi ga mungkin kaya gini, pak.. dicopot hati-hati aja kayanya"
"Iya, ini stickernya jelek.."
Jleb. Iya stikernya pak yang salah :(
Pengen nangis rasanya. Pengen marah juga.. Tapi kan nggak mungkin ku marah - marah.

"Ya udah, pak.. saya tutup pake HVS aja, biar saya kerjain aja nanti di kantor.." kataku.

Bapaknya masih coba cari cara. Saya juga nggak mungkin tetiba minta ganti yang baru gitu kan.. meskipun harusnya iya. Kan bapaknya yang salah...
Tapi nggak mungkin juga aku ngasih ke narasumber jam gagal gini..
kalau aku beli jam yang gagalnya? Hm, takut ga kepake, soalnya jam dindingnya ga lucu, wkwk..

Ya Allah.. kasih aku jalan keluar...

"Ah, ini hari yang sial buat saya!" Kata bapaknya lagi.

Aku menghela napas. Ya Allah, mungkin karena tadi aku kerja buru - buru, pengen serba cepet, biar cepet pulang, malah jadinya gini..

Tapi kan hari ini aku udah ngaji, ya Allah? Protes hatiku satunya lagi.
Lalu aku ingat, saat kerja, aku lupa ga bilang basmalah, nggak minta pertolongan Allah. Sesepele itu tapi ternyata fatal.

Bapak itu masih mengeluh. Saya jadi ngerasa bersalah, kaya dimarahin.
"Biasanya itu bisa. Nggak pernah gini, makanya saya sanggupin.."
"Ya udah pak, gapapa.. dibungkus aja, pak.. saya nanti kerjain di kantor.."
"Iya, ini stickernya jelek.."
Hm, lagi - lagi...
"Iya pak, gapapa, soalnya itu udah lama disimpen. Waktu itu soalnya temen saya pernah nempelin sticker ini juga di jam dan bisa," kataku lagi. Meski nggak tahu itu nanti mau diapain.

Bapak itu masih mikir. Tetiba...
"Gapapa, saya ganti aja yang baru.."
"Loh, bapak rugi dong?"
"Enggak, kok.. ini saya yang salah.."

Dan saya pun membawa lima jam dinding itu. Enggak pake marah, nggak minta ganti rugi, ternyata bapaknya mau tanggung jawab, meski awalnya begitu menyebalkan, hehe..
"Makasih yah pak.. Maaf tadi ngerepotin.." kataku sekali lagi sebelum pergi.
"Iya, teh.. gapapa..."

***

Sesampainya di kantor
"Teh, mau dibungkusin kado?" Tanya Pipit ketika aku masuk ruangan.
"Iya. Tapi mau di stickerin dulu.."
"Ya udah, yuk!"

Terus aku cerita sama Pipit soal di tukang jam tadi.
Eh butuh obeng buat buka jamnya, aku nyari dulu akhirnya..

"Kang Rohman, ada obeng?" Tanyaku.
"Ada ini.. mau buat apa?"
"Buat buka jam, kang.. mau ditempelin sticker.."
"Oh sini sama saya.."

Lalu Kang Rohman yang ngerjain. Ku hanya kertas kadion aja. Telaten nempelinnya. Jarum-jarum jamnya dicopot dulu, disolasiin dlu, diukur pake pengaris gitu.
"Emang yah, pit.. ngelakuin sesuatu itu harus pake hati. Beda hasilnya.."

Dan jam 1 urusan bingkisan ini selesai. Ngebungkus kadonya dibantu Rina sama Pipit.
Mengerjakan sesuatu, sekecil apapun, memang harus pake hati, supaya hasilnya jadi lebih bermakna.

Ini juga jadi pelajaran buat aku, biar ngerjain sesuatu asal beres, asal jadi, asal cepet. Hati emang nggak pernah salah.

Dan.. Nggak perlu marah ternyata kalau sesuatu berjalan ga sesuai harapan. Cukup akui aja kesalahan ke Allah. Allah bantu.

Selesai itu, aku cek HP, ada notif dari Baitul Quran.

Bismillah .. Teh zulfa mohon maaf baru memberikan informasi Insyaallah saya siang ini ada waktu luang jam 14.00 WIB . Apakah dr teh zulfa nya bisa hari ini ?

Alhamdulillah. Narsum yang udah janjian dari pekan lalu, bisa juga ketemu sebelum aku cuti.
Kalau bukan karena pertolongan Allah, pekerjaan - pekerjaan kita tak mungkin selesai.

Dalam perjalanan Bandung - Cicalengka
Kamis, 13 Desember 2018

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews